Cara Mengetik Surat di MS Word 2010

Berikut tutorial "Cara Mengetik Surat di MS. Word 2010"

Membuka MS Word 2010
  1. Klik icon pada start menu taskbar


  2. Pilih Program, dan lanjutkan dengan klik Microsoft Word,seperti tampak dalam gambar berikut.


  3. Tungulah beberapa saat sampai program kata dari Microsoft Word tampil sebagaimana terlihat pada gambar berikut ini.


Mengetik
  1. Ketiklah naskah dibawah ini!


  2. Aturlah naskah pengetikan dengan batas kiri 4 cm, batas kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm!. Klik Page Layout, (pada grup Page Setup) klik Size, klik More Paper Size, klik Margin, ketik 4 cm untuk batas kiri dan 3 cm untuk batas kanan, atas, dan bawah.
  3. Gunakanlah jenis kertas A4! Klik Page Layout, (pada grup Page Setup) klik size, klik More Paper Size, klik Paper, klik A4.
  4. Gunakanlah jarak pengetikan 1.5 spasi! Klik Home, (pada grup Style) klik No Spacing, (pada grup Paragraph) klik Line Spacing, klik 1.0 atau Ctrl+1 untuk 1 spasi, klik 1.15 untuk 1.15 spasi, klik 1.5 atau Crtl+5 untuk 1.5 spasi, dan klik 2.0 atau Ctrl+2 untuk 2 spasi.
Mengedit
  1. Untuk mengetik judul klik icon Center (Ctrl+E) supaya rata tengah.
  2. Untuk pengetikan naskah klik icon Justify (Ctrl+J) untuk perataan kiri kanan.
  3. Fungsikan Tabulasi kiri.
  4. Untuk menyimpan file klik File kemudian pilih Save atau tekan Ctrl+S pada keyboard, ketik nama file dan pilih Save.
  5. Untuk menyimpan kembali dengan nama baru, klik File dan pilih Save As, ketik nama file baru dan pilih Save.
  6. Selanjutnya,kita dapat mengedit tulisan atau yang lainnya.
Note:
  1. Untuk mempermudah kita dalam bekerja dengan Microsoft ofice 2010, kita bisa menampilkan beberapa menu di baris yang biasa kita gunakan dalam bekerja sehari-hari, seperti: Menu New, Open, Save, Print Priview, Page Setup, Undo, Redo, Font, dan masih banyak menu-menu yang lain.
  2. Bila kita terbiasa bekerja dengan ukuran Centimeter sementara program aslinya menggunakan ukuran Inch, maka kita bisa merubahnya.
Menyimpan
  1. Klik tab File.
  2. Pilih icon "Save", kotak dialog "Save As" akan muncul seperti gambar dibawah ini.


  3. Klik bagian icon "Bawah" pada kotak kombo "Save in" untuk memilih folder tempat dokumen akan disimpan, misalnya Locak Disk (D).
  4. Ketikkan nama file pada kotak kombo "File name", misalnya "Tugas Kelompok" Anda dapat memberi nama suatu dokumen sesuka hatimu, tetapi biasakan memberi nama yang jelas dan menggambarkan isi dokumen. Nama yang jelas akan memudahkan mencari file di kemudian hari. Ingatlah bahwa karakter spesial seperti (/), (?), dan (*) tidak dapat digunakan sebagai nama file.
  5. Terakhir, klik tombol "Save" Dokumen akan tersimpan otomatis di folder My Documents dengan nama sesuai yang anda gunakan.
Menyimpan dengan Perintah Save As
  1. Klik tab file.
  2. Pilih ikon "Save As", kotak dialog Save As akan muncul seperti gambar dibawah ini.
  3. Klik bagian ikon "Kolom" pada kotak kombo Save As, kemudian pilih folder tempat dokumen akan disimpan, misalnya My Documents.
  4. Ketikkan nama file baru pada kotak kombo file name, misalnya "Tugas Kelompok". File tersebut masih tetap tersimpan di tempat semula dan isinya tidak akan berubah. Langkah 1,2 dan 3 juga dapat dilakukan dengan menekan tombol F12 pada keyboard anda. Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan terjadi seperti listrik mati sehingga data yang baru dikerjakan tidak hilang atau menekan tombol Ctrl + S.
Membuka File
  1. Cari dokumen yang ingin anda buka.
  2. Klik nama dokumen yang tertera pada folder.
  3. Apabila dokumen yang ingin dibuka tidak tertera pada Recent Documents, klik ikon "Folder Back" pada tab File atau pada Quick Acces Toolbar untuk memudahkan kotak dialoag untuk dibuka. Kotak dialog Open juga dapat dimunculkan dengan menekan tombol Ctrl + O pada keyboard.
  4. Lalu klik kanan pada folder yang ingin anda buka, lalu ada tampilan seperti gambar dibawah ini lalu klik "open".


  5. Pilih folder dokumen pada kotak kombo Look in.
  6. Klik nama dokumen, kemudian klik tombol "Open".
Mencetak
  1. Untuk berbagai keperluan kita, dokumen yang telah dibuat bisa dicetak /print diatas kertas. Sebelum mencetak dokumen, pastikan printer telah terhubung ke komputer secara benar.
  2. Mencetak Dokumen dengan Perintah Print
  3. Klik tab File, Kemudian klik Print untuk memunculkan tampilan. Tampilan tersebut juga dapat diaktifkan dengan menekan tombol Ctrl + P pada keyboard.
  4. Lakukan langkah pengaturan pada kotak dialog Print.
  5. Terakhir, dengan mengklik tombol Print untuk memudahkan mencetak dokumen anda.


Jika ada yang ingin ditanyakan atau kritik/saran tinggalkan komentar dibawah ya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama